PENGERTIAN DEFTH OF FIELD

Secara harfiah Depth of Field (DOF) berarti kedalaman ruang. Sedangkan dalam dunia fotografi, DOF berarti rentang jarak yang dimiliki subjek foto untuk menghasilkan variasi ketajaman (fokus) gambar yang masih dapat diterima. Depth of Field bervariasi tergantung pada jenis kamera, aperture dan jarak fokus, meskipun ukuran cetak dan jarak pandang juga dapat mempengaruhi persepsi kita tentang Depth of Field. Dengan membaca artikel ini, semoga Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik menganai Depth of Field. Depth of Field itu tidak berubah secara tiba-tiba dari yang tajam menuju ke yang tidak tajam, akan tetapi perubahannya adalah secara gradual (bertahap).

 

Depth of field

 

contoh depth of field

Meskipun ukuran cetak dan pengaruh jarak pandang seberapa besar lingkaran gamang (circle of confusion) terlihat dengan mata kita, aperture dan jarak fokus adalah dua faktor utama yang menentukan seberapa besar lingkaran gamang (circle of confusion) akan ditangkap sensor kamera Anda. Semakin besar Aperture (Nomor F-stop lebih kecil) dan semakin dekat jarak focus ke obyek akan menghasilkan depth of field yang sempit. Supaya lebih jelasnya, Anda bisa melihat perbedaan dari foto berikut dan ilustrasi mengenai depth of field vs aperture.

pengertian depth of field

DEPTH OF FIELD

depth of fielnd

PENGERTIAN DEPTH OF FIELD

depth of field

Memanipulasi aperture adalah cara termudah dan paling sering digunakan untuk mengatur Depth of Field. Untuk mendapatkan DOF yang lebar Anda dapat mengatur f-stop menjadi sekitar f/11 atau lebih tinggi. Anda mungkin telah melihat prinsip ini ditunjukkan ketika Anda melihat foto yang diambil di luar ruangan pada waktu siang hari. Dalam kasus seperti itu, kamera ini biasanya ditetapkan pada f/16 atau lebih tinggi (Sunny 16 Rule). Mari kita lihat 3 contoh nfoto diatas yang diambil dari jarak yang sama. Foto di sebelah kiri memiliki DOF sempit karena diambil menggunakan f/1.8, sedangkan foto tengah memiliki ruang tajam lebih lebar dibandingkan foto pertama (f/4)). Pada foto sebelah kanan diambil menggunakan f/8 sehingga ruang tajam yang didapatkan menjadi lebih lebar dibandingkan dengan kedua foto yang lain.

Manipulasi Depth of Field adalah cara yang baik untuk mengubah karakteristik dari foto Anda, dan memanipulasi aperture adalah cara ideal untuk melakukan ini karena memiliki sedikit pengaruh pada komposisi. Anda hanya perlu mengubah kecepatan rana (atau mengubah sensitivitas cahaya – ISO) untuk mengkompensasi perubahan dalam eksposur. Perubahan panjang jarak dan fokus juga mempengaruhi DOF, tetapi perubahan ini memiliki trade-off dalam hal komposisi. Oleh karena itu, perubahan aperture adalah cara terbaik untuk memanipulasi DOF tanpa mempengaruhi komposisi foto itu.

Semoga artikel pengertian depth of field bisa membantu anda untuk lebih memahami Depth of Field sehingga Anda akan menghasilkan foto2 yang lebih berkarakter.

ditulis ulang dari sini
Pengertian Depth Of Field

Posted on Juni 4, 2012, in MULTIMEDIA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: